Senin, 28 Januari 2013

Membuat Kerangka pengetikan

Setiap tulisan seperti Skripsi, paper, thesis maupun buku memiliki struktur tertentu. Bila Anda sedang membuat skripsi, struktur utamanya mungkin ditentukan oleh dosen atau universitas Anda. Secara umum struktur penulisan skripsi adalah sebagai berikut:


Bagian Pendahuluan
Bagian ini terdiri dari Cover, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar. Bisa juga diberi tambahan lain seperti lembar persembahan.


Bagian Isi
Semua hal tentang penelitian atau pekerjaan yang Anda lakukan dituangkan pada bagian ini. Secara umum bagian isi terbagi lagi menjadi pendahuluan, tinjauan pustaka, metode kerja/penelitian, hasil dan pembahasan, serta simpulan. Struktur ini mungkin saja berbeda-beda antara bidang studi yang satu dengan yang lainnya.


Bagian Penutup
Daftar pustaka, indeks atau daftar istilah (glossary), serta lampiran-lampiran pendukung biasanya diletakkan pada bagian penutup ini.


Selain struktur utama di atas, sebaiknya Anda menentukan kerangka tulisan lebih detail agar pekerjaan Anda lebih mudah dan terstruktur rapi. Kerangka tulisan pun akan lebih banyak membantu Anda dalam menyelesaikan penulisan naskah skripsi, paper, thesis ataupun buku.


Memanfaatkan Template
Microsoft Word menyediakan template dokumen yang dapat Anda pakai untuk membuat skripsi.


Template ini berbahasa Inggris, namun Anda dapat menggunakannya sebagai referensi, ubahlah kata-katanya ke dalam bahasa Indonesia jika perlu.

0 komentar